Cari

Gunakan Atau Kehilangan - Use it or Lose it

Mungkin kamu sering dengar istilah use it or lose it (gunakan atau kehilangan). Dan itu memang benar adanya. Kita bakal kehilangan hal itu kalau kita tidak menggunakannya. Apakah itu? Kalau menurut pengamatan saya ada 2 hal yaitu, otak dan otot. Mungkin masih banyak hal yang lain. Tapi, apa yang benar-benar saya rasakan ya dua hal itu, otak dan otot.

Otak

Percaya nggak, semakin kita sering menggunakan otak (tentunya tidak berlebihan dan diselingi dengan istirahat), otak kita semakin "encer". Mudah untuk diajak mikir. Mau itu soal berat atau ringan rasanya enteng saja. Kalau kita jarang menggunakan aktivitas otak (kognitif), lambat laun otak kita akan mulai lemah dan susah diajak mikir. 

Beberapa contoh kegiatan kognitif yang bermanfaat untuk otak adalah berhitung, membaca, quiz. Maka mereka yang senang membaca dan berhitung, relatif otaknya mampu 'bertahan' sampai hari tua. Sementara yang jarang menggunakan biasanya akan jadi pelupa alias pikun.

Otot

Selain otak, otot juga sama. Semakin kita gunakan (moderately) semakin kuat. Orang yang suka kerja di lapangan seperti petani, pekerja proyek, tukang relatif memiliki fisik yang lebih kuat dibandingkan mereka yang kerja di kantoran. Karena yang dikantoran lebih banyak duduk dan jarang menggunakan otot mereka. Tapikan mereka lebih banyak menggunakan otak? iya benar, mungkin otak mereka lebih 'encer' namun kebiasaan duduk lama itu buruk bagi otot. 

Baik otak atau otot itu penting bagi tubuh dan kualitas hidup kita. Sebaiknya kita seimbang menggunakannya dan tidak terlalu berlebihan. Jangan lupa istirahat. no sidebar